Tak Hanya 3M, Tips Liburan Akhir Tahun di Era Pandemi

Idfai.id, Wisata – Setiap orang punya cara sendiri untuk menikmati liburan akhir tahun. Ya, salah satunya memilih liburan bersama keluarga ke tempat destinasi domestik.

 

Perlu digaris bawah, bahwa liburan akhir tahun di era pandemi ini. Anda harus memperhatikan beberapa hal agar tidak tertular. Oleh karena itu, ada yang harus disiasati agar libur akhir tahun tetap aman dan nyaman.

 

Dikutip dari laman antaranews bahwa dr Ivan Adrian Montolalu memaparkan agar setiap orang yang berlibur harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

 

Baca Juga
Cara Aman Liburan Akhir Tahun di Era Pandemi

 

Tips aman saat menikmati liburan akhir tahun 2020, salah satu caranya adalah selalu mengupayakan transaksi “cashless” dalam berbagai pembayaran dan pemesanan untuk meminimalkan interaksi.

 

“Saat liburan kita biasanya banyak sentuh ATM, uang cash, nah kalau bisa ‘cashless.’ Untuk pemesanan tiket, hotel, dan lain-lainnya sebaiknya via aplikasi,” kata dokter Ivan Adrian, dalam bincang-bincang secara daring tentang protokol kesehatan jelang libur akhir tahun di Graha BNPB Jakarta, seperti dikutip dari Antara.

 

Selain itu, dr Ivan juga menghimbau agar masyarakat semaksimal mungkin untuk melakukan transaksi digital serta tidak bersentuhan dengan orang lain.

 

Jadi, selain melakukan prokes mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan penyanitasi tangan (hand sanitizer) juga sangat penting untuk terhindar dari potensi penularan virus yang tertinggal di permukaan benda-benda publik. Gagang pintu di hotel atau mobil, yang dipegang oleh banyak orang bisa menjadi transmisi virus.

 

Selanjutnya, ia juga menegaskan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan saat berlibur.

Post a Comment