Jakarta Tak Lagi Zona Merah, 5 Hal Ini Perlu Diperhatikan

Idfai.id, Indonesia – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa Jakarta tak lagi zona merah. Artinya, penyebaran covid 19 sudah menurun lantaran angka kesembuhan sudah terus membaik.

 

Anies Baswedan terus menghimbau agar tetap menjaga protokol kesehatan lantaran covid 19 belum hilang seratus persen. “Belum” (aman dari covid 19),” katanya dikutip CNN Indonesia, belum lama ini.

 

Baca Juga
Usai Wakaf Al Quran, Betrand Antolin dan Dewi Sandra Punya Program Mulia Lagi

 

Walaupun begitu, masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Nah, inilah beberapa hal yang harus diperhatikan selama menjalani pola hidup new normal di era pandemi.

 

 

Kebersihan Tangan
berbagai bakteri sampai virus seperti virus corona dapat menyebarluas dengan mudah karena terjadinya kontak fisik. Kontak fisik yang paling sederhana adalah berjabat tangan. Oleh karena itu, kebersihan tangan mesti benar-benar dijaga. Bahkan mungkin kedepannya nanti, kita tidak akan bersalaman lagi untuk menghindari hal-hal tersebut.

 

Dilarang Menyentuh Wajah Sembarang
Dengan protokol kesehatan yang pertama, selanjutnya adalah menghindari menyentuh wajah jika belum memastikan tangan sudah bersih atau belum. Area wajah seperti mata, hidung dan mulut bisa jadi pintu gerbang yang mudah ditembus oleh penyakit atau virus yang ada di tangan kamu.

 

Tutup Mulut Jika Bersin
Di waktu new normal nanti – banyak hal yang akan berubah dengan cepat, terutama sektor kesehatan. Hal ini mencakup ke etika ketika kamu bersin. Tidak ditutup dengan telapak tangan bagian dalam saja, tapi kamu mesti menutup wajah mu dengan menggunakan lengan bagian dalam.

 

 

Pakai Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan
Sehat atau sakit, menggunakan masker akan jadi kebiasaan baru di periode new normal nanti. Hal ini terkait dengan anjuran berbagai pihak yang menyatakan penggunaan masker bisa mencegah paparan virus berbahaya seperti Covid-19 ini.

 

Selain itu, anda juga harus menjaga jarak Physical distancing pastinya akan jadi hal yang terbawa-bawa sampai ke periode new normal nanti. Kamu tentunya akan mengatur jarak keberadaan kamu dengan orang lain. Dan, anda juga harus rajin cuci tangan dalam keadaan apaan sebelum dan sesudah beraktivitas.

 

Bisa Isolasi Mandiri
Jika kamu mengetahui tubuh mu punya gejala-gejala mirip dengan infeksi Covid-19 atau memang sedang tidak sehat, kamu bisa mengkarantina dirimu sendiri di dalam rumah. Karantina atau isolasi mandiri ini tentu akan membantu banyak pihak.

 

Minum Multivitamin
Tidak hanya memenuhi nutrisi tubuh dengan makanan dan minuman yang bisa menjaga daya tahan tubuh terus optimal, mengonsumsi multivitamin juga akan jadi kebiasaan baru, bahkan protokol kesehatan yang baru untuk dilakukan oleh banyak kalangan

Post a Comment