Faktor Rambut Putih di Usia Muda

Idfai.id, Sehat – Mungkin anda sering melihat atau mengalami rambut sudah memutih padahal umur masih muda. Ya, rambut putih itu memang identik dengan umur sudah tua.

 

Tapi, anda tak usah kuatir karena rambut memutih meski usia masih muda tapi itu tak banyak ada pengaruhnya.

 

Hanya saja, sahabat idfai.id harus mengetahui penyebap dan faktor yang membuat rambut anda memutih di usia muda. Yuk, simak ulasannya seperti dilansir dari laman Healthline.

 

Baca Juga
Usai Wakaf Al Quran, Betrand Antolin dan Dewi Sandra Punya Program Mulia Lagi

 

1. Genetik

Riasan memainkan peran besar ketika kamu memiliki rambut putih. Jika, kamu memerhatikan rambut putih pada usia dini, kemungkinan orang tua atau kakek nenekmu juga memiliki rambut yang mulai memutih atau memutih pada usia dini. Kamu memang tidak dapat mengubah genetika. Tetapi, jika tidak menyukai tampilan uban, kamu selalu bisa mewarnai rambut lho.

 

 

2. Stres

Setiap orang menghadapi stres dari waktu ke waktu. Konsekuensi stres kronis dari stres dapat meliputi masalah tidur, kegelisahan, perubahan nafsu makan, dan tekanan darah tinggi. Stres juga bisa memengaruhi rambut. Sebuah studi tahun 2013 menemukan hubungan antara stres dan menipisnya sel induk di folikel rambut tikus.

 

Jadi, bila kamu memerhatikan peningkatan jumlah untaian putih, stres mungkin penyebabnya. Teori ini juga menjelaskan mengapa beberapa pemimpin dunia tampak menua atau beruban lebih cepat saat menjabat.

 

3. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga bisa menyebabkan rambut putih prematur. Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Pada kasus alopecia dan vitiligo, sistem imun dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

 

4. Gangguan tiroid

Perubahan hormonal bisa disebabkan oleh masalah tiroid, seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme. Kondisi ini mungkin juga bertanggung jawab terhadap rambut putih prematur. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher. Ini membantu mengontrol banyak fungsi tubuh seperti metabolisme.

 

Kesehatan tiroidmu juga dapat memengaruhi warna rambut. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

 

5. Kekurangan vitamin B12

Rambut putih pada usia dini juga bisa menunjukkan kekurangan vitamin B12. Vitamin ini berperan penting dalam tubuh karena memberi kamu energi, plus berkontribusi pada pertumbuhan rambut dan warna rambut yang sehat.

 

Kekurangan vitamin B12 dikaitkan dengan kondisi yang disebut anemia pernisiosa, yaitu ketika tubuh tidak dapat menyerap cukup vitamin ini. Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk sel darah merah yang sehat, yang membawa oksigen ke sel-sel di tubuh, termasuk sel rambut. Kekurangan dapat melemahkan sel-sel rambut dan memengaruhi produksi melanin.

 

6. Merokok

Ada juga hubungan antara rambut putih prematur dan merokok. Satu studi dari 107 subjek menemukan hubungan antara munculnya uban sebelum usia 30 tahun dengan merokok. Diketahui bahwa merokok meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung. Namun, efek jangka panjangnya bisa melampaui jantung dan paru-paru serta memengaruhi rambut.

 

Sebab, merokok menyempitkan pembuluh darah, yang dapat mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok. Selain itu, racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh kamu termasuk folikel rambut, menyebabkan rambut memutih lebih awal.

 

 

Post a Comment